Menjahit Gorden Smokering

By Imelda Wijaya - Oktober 19, 2020

Halo... Postingan kali ini saya mau bercerita tentang gorden minimalis. Saya mau membuat Tutorial menjahit gorden sendiri yang mudah, tidak ribet dengan lipitan dan tetap cantik. Pilihan jatuh pada gorden Smokering, gorden yang mempunyai ring ini ternyata mudah lho untuk dijahit. 

Untuk pilihan kain, saya menggunakan kain Sprei Katun  Jepang polos, sebenarnya mau memakai kain yang sudah ada di rumah, yaitu kain sprei Kingkoil, ternyata ketika di ukur, kurang kainnya untuk 3 jendela 😅.  Gorden, biasanya memakai bahan Blackout, bahannya tebal, mengkilat dan mempunyai ragam motif tapi  tepian kainnya brudul. Pilihan kain lainnya yaitu kain sprei emboss. Saya memilih kain sprei yang mempunyai lebar 2,50 m supaya memudahkan menjahit gorden untuk jendela yang tinggi. Boleh juga membeli kain khusus gorden, biasanya mempunyai lebar 2,80 m.

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

Kain 
Smokering yang sudah ada pita kerasnya. 
Benang yang senada
Gunting
Jepitan kain 
Meteran kain
Mesin jahit
ini hasilnya.



Kain Sprei Katun Jepang , Smokering

Cara menghitung pita Smokering : 
 
Pembelian Smokering biasanya kelipatan 2 ( untuk gelombang ).  Jarak antara lubang 5 cm , jadi 80 cm x 2 =160 +kampuh 5 cm. Panjang pita Smokering yang saya gunakan 165 cm , yaitu 16 lubang (harus genap ya lubangnya). Bagian belakang pita Smokering ada semacam kait kecil di setiap lubang, ini untuk membuat gelombangnya ya. Cara memasang Smokering gorden ini gampang sekali, hanya di tekan kedalam lubang ring saja.
 
 Menghitung kebutuhan kain  : 
 
 misal  lebar jendela 80 cm 
 kain yang dibutuhkan adalah 80 cm X 2 = 160 cm + kampuh.

Kain dikali 2, adalah rumus untuk gelombang gorden yah. Bisa juga dikali 2.5 untuk gelombang yang rapat. Atau dikali 1.5 untuk gelombang yang hemat kain  tapi nanti jadinya kurang cantik. Untuk kampuh dibuat lebar lebih baik agar sisi-sisinya tebal. 

misal : 80 cm X 2.5 = 200 cm   atau 80 cm X 1.5 = 120 cm .
 
Ukuran salah satu  jendela saya : lebar 80 cm , panjang 2.50 m
                                     
kain yang di butuhkan : 80 cm X 2 = 160 cm +20 cm  kampuh  = 180 cm. Lebih baik memotong pita Smokering-nya dulu ya, baru potong kain + kampuh. Nanti setelah di jajarkan pita smokering dengan kainnya kampuh kiri kanannya berubah jadi 7,5 cm.
 

Menghitung batang/ pipa gorden :
Lebar jendela + 10 kiri kanan.
pembelian biasanya per 50 cm atau per 1m (diskusikan dengan penjual ya).


 
Disini saya mengikuti panjang pita Smokering, yaitu  165 cm, sedangkan kain yang saya potong 180 cm, sisa 15 untuk kampuh (kiri kanan @ 7,5 cm, boleh lebih yah ). Panjang gorden saya tambahkan 18 cm untuk jahit bawah.Untuh kampuh bawah biasanya 10 cm.

Nah, diatas adalah perhitungan kain dan pita smokering saya. hanya salah satu ukuran saja, karena saya membuat untuk 3 jendela.

 Berikut foto pembuatannya:

1. lipat sisi kain bagian atas 1cm. 




2. Posisikan pita smokeringnya di tengah-tengah kain, lalu lipat kampuh kiri dan kanan.


3. Jahit kain dan pita Smokeringnya barengan.



4.Jahit juga bagian bawah pitanya, supaya tidak bergeser.


5. Jahit kampuh kiri dan kanan.
 

6. Setelah itu jahit bagian bawahnya juga.


7. Gunting kain dalam ring.

8. pasang ringnya di sisi depan kain lalu tekan. 

9. Kaitkan pita transparan dibagian pita smokeringnya, kainnya akan bergelombang alami,          kain siap dipasang di batang gorden. Sebelumnya digosok dahulu biar cakep 😉

ini hasilnya di jendela yang besar.



Baca juga : Membuat gorden kolong dapur .

Nah, Mudah bukan ? dibagiah bawah saya sertakan juga video pembuatannya, silakah likes dan subscribe ya.. Terima kasih.






 

 

 

 


  • Share:

You Might Also Like

3 Comments