Komunitas Menjahit, Jakarta Barat Sewing Club

By Imelda Wijaya - September 22, 2020

 

Bisa ikut sebuah komunitas itu adalah sesuatu yang menyenangkan. Apalagi komunitasnya tentang hobi dan minat kita. Saya mengikuti komunitas menjahit secara online, Yaitu Craftalova Fabric Club. Bermula ketika Saya sedang mencari tutorial dompet di internet, Saya membuka sebuah blog yang cantik dan banyak tutorial tas milik mba Ayu Ovira.  Nama blognya  http://craftalova.blogspot.com. Disana menemukan dan bergabung dengan grup yang ada di Facebook dengan nama yang sama.  Seiring berjalannya waktu dan semakin banyak anggota di grup Craftalova Fabric Club, maka masing-masing crafter di daerah  mulai membentuk Sisterhood. Dengan bertujuan untuk saling mempererat tali persaudaraan, menjahit bersama dan bisa bertemu satu dengan yang lain.

Kopdar grup menjahit
JBSC di kopdarnas 2 ,Bandung 14 September 2019


Untuk daerah Jakarta hanya ada 2 Sisterhood, yaitu Jakarta Barat Sewing Club ( JBSC ) dan Jakarta Timur Crafter Club ( JtCC ). Saya masuk grup JBSC pada tahun 2016, kopdar menjahit pertama yang saya ikutin adalah membuat hiasan yoyo untuk kaos. Kaosnya nanti akan dipakai saat ulang tahun JBSC yang ke 2. Oya, ketua JBSC waktu itu adalah Yessi Taringan Silangit, nama yang tidak asing lagi kan.. karena sering lihat warawiri di Facebook. Kalau dalam grup WA kita sering panggil sebagai Bu Kepsek. Untuk tahun 2020 ini ada pergantian pengurus yaitu Ci Winar R Kustiadi sebagai ketua.


Membuat aplikasi yoyo untuk kaos


swap karya
Tukar kado antar anggota










shibori
Workshop Shibori
               

hasil workshop pewarna alam
Hasil workshop Shibori




Biasanya untuk mengisi acara kopdar, kami mengundang ahli dibidangnya untuk mengisi workshop atau memilih anggota yang akan mengajarkan materi yang di tentukan. Acara kopdar biasa kita adakan setiap 2 bulan sekali. Tahun 2020 ini, semua rencana kopdar kita semua di batalkan untuk menghindari corona. Sebagai gantinya kami membuat acara jahit dengan tema yang sama di rumah masing-masing. Nanti karya tiap anggota di foto dan di rangkum dalam sebuah video.


Edisi Idul Fitri

Edisi 17 Agustusan


 Berkarya bersama sahabat, ini adalah slogan JBSC. Ikut komunitas JBSC itu menyenangkan, karena bisa saling memberi  inspirasi  menjahit dan semangat. Di komunitas ini kemampuan tiap anggota berbeda beda lho, walau mereka bisa menjahit.  Ada yang ahli merajut, Shibori, pola baju, Makrame dan lain-lain . Dalam komunitas juga kita bisa banyak belajar untuk saling menghormati pendapat, ide-ide dan tidak saling memaksakan kehendak. Yang seru adalah ketika acara kopdar di adakan di rumah salah satu anggota, dan masing-masing anggota membawa potluck. Jahit, makan dan ngobrol bareng. Seru kan?


jahit tangan
Hasil karya aplikasi perca

   

aplikasi jahit tangan
Workshop aplikasi perca




anniversary JBSC
Ultah JBSC ke 5, 2020

gambar dari mba Heni

  Kalau kamu, ikut komunitas apa?

  • Share:

You Might Also Like

4 Comments

  1. Aku juga sama, tapi belum gabung cabang tangerang, hiks! 🙃

    BalasHapus
  2. Dulu waktu tinggal di kebun tebu, di Sumsel aku ikut Club Sriwijaya, tapi cuma ikutan seru2an yang online aja, jauh mau keluar hutan hehehehe

    BalasHapus